Pengembangan Mutu Kurikulum Pembelajaran Sekolah - Kegiatan
peningkatan mutu sekolah atau madrasah berada pada peningkatan mutu
pendidikan nasional. karena itu peningkatan sekolah atau madrasah yang
wujudnya berupa program-program sekolah atau madrasah tetap mengacu pada
sistem Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional "USPN", program apapun
yang dibuat mestinya bermuara kepada peningkatan pelayanan peserta didik
sehingga menghasilkan lulusan berkualitas.
Lulusan sekolah atau madrasah yang berkualitas menurut USPN memiliki sembilan (9) Indikator Makro, antara lain sebagai berikut :
- Beriman
- Bertaqwa
- Berilmu
- Bertanggung Jawab
- Sehat
- Cakap
- Kreatif
- Mandiri, dan
- Demokratis
Wujud program yang dibuat di masdrasah baik yang desain untuk jangka
menengah atau Rencana Kerja Jangka Menengah "RJKM" dan Rencana Kerja
Tahunan (RKT) diiharapkan berujung kepada pencapaian Indikator-indikator
makro tersebut.
Setiap program yang disusun untuk mencapai tujuan -tujuan seperti
diatas mestinya dimulai dari awal yang rasional dan faktual, untuk itu
setiap program mestinya dimulai dengan analisis kebutuhan. Lebih
jelasnya kerangka desain pengembangan mutu kurikulum dan pembelajaran di
suatu madrasah atau sekolah.
[2]
Cara Penyusunan KTSP atau Prosedurnya
KTSP mengikuti prosedur yang logis dan sistematis. Prosedur ini perlu
diikuti bukan saja deskripsi tugas tiap komponen terkait menjadi jelas,
tetapi juga agar setiap madrasah yang tidak terlibat langsung dalam tim
pengembangan memahami arah perencanaan yang ditetapkan. Dengan demikian
perlu ditentukan Tim Pengembang Kurikulum Madrasah (TPKM), pengerja
analisis konteks, pengkaji delapan standar pendidikan , penyusun draf
dokumen dan dokumen akhir, penghitung Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
setiap mata pelajaran, perevisi dan pensosialisasi KTSP.
[2]
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul
Pengembangan Mutu Kurikulum Pembelajaran Sekolah.