LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Ciri perkembangbiakan hewan secara vegetatif

Ciri perkembangbiakan hewan secara vegetatif

Perkembangbiakan/reproduksi secara vegetatif memiliki berbagai macam atau jenis-jenis cara dalam perkembangbiakan vegetatif. Sebelum membahas berbagai cara perkembangbiakan vegetatif, mari kita membahas pertama-tama yakni pengertian perkembangbiakan vegetatif. Pengertian perkembangbiakan vegetatif adalah terbentuknya individu baru tanpa melalui peleburan sel sperma dan ovum. Individu keturunannya akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Perkembangbiakan vegetatif ini dilakukan oleh hewan avertebrata, misalnya hewan kantong (coelenterata), cacing (vermes), dan hewan berkulit duri (Echinodermata). Macam-macam cara perkembangbiakan secara vegetatif antara lain sebagai berikut..
Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif
Macam-macam cara perkembangbiakan vegetatig dengan pembentukan kuncup, pemutusan tubuh (fragmentasi), dan partenogenesis antara lain sebagai berikut...
a. Pembentukan Kuncup
Contoh hewan yang berkembnag biak dengan membentuk kuncup adalah Hydra. Pada bagian kaki hewan kantong ini tumbuh kuncup. Semakin lama, kuncup itu semakin membesar. Kemudian tumbuh tentakel yang mengelilingi mulutnya. Jika kuncup yang terbentuk banyak, maka akan terbentuk koloni. Individu yang terbentuk itu dapat melepaskan diri dari induknya dan hidup bebas. Contoh hewan lain yang dapat membentuk kuncup adalah anemon laut. Anemon laut banyak dipelihara di akuarium. Bentuknya mirip bunga mawar sehingga disebut juga mawar laut. 

b. Fragmentasi (Pemutusan Tubuh)
Fragmentasi adalah cara perkembangbiakan dengan pemutusan bagian tubuh. Fragmentasi dilakukan oleh hewan acertebrata, misalnya cacing pipih yaitu Planaria. Planaria yang banyak dijumpai di air tawa yang jernih dan berarus tenang dapat memutuskan tubuhnyam menjadi beberapa bagian. Tiap potongan tubuhnya kemudian dapat tumbuh menjadi individu baru. 

c. Partenogenesis
Beberapa dari hewan dapat melakukan perkembangbiakan dengan cara partenogenesis. Partenogenesis adalah terbentuknya individu baru dari ovum tanpa melalui pembuahan (fertilisasi). Umumnya hewan melakukan partenogenesis hanya pada waktu tertentu. Contoh hewan yang melakukan partenogenesis adalah kutu daun. Kutu daun akan berpartenogenesis pada saat tersedia banyak makanan di lingkungannya. Contoh lain adalah Curtaceae, kadal padang pasir, dan belalang jambu. 

Kesimpulan : Perkembangbiakan Vegetatif pada Hewan meliputi :
LBBSUPRAUNO

Author :

Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Ciri perkembangbiakan hewan secara vegetatif.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar